Sidak TPID Kota Jayapura Menjelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022

28/12/2021   Berita Seputar Papua,Berita Utama Oleh : yahya erari

Dipimpin langsung Bapak Wali Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, MM, tepatnya pada hari Kamis, tanggal 30 November 2021, Tim Pengendali Inflasi Daerah Kota Jayapura melakukan sidak di pasar tradisional (pasar Hamadi) dan retail modern (Hypermarket Jayapura) untuk memantau  stok, harga serta mutu bahan kebutuhan pokok  menjelang Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.  Tim terdiri Bank Indonesia Perwakilan Papua, Balai Besar POM di Jayapura, Badan Pusat Statistik, dan Polresta Jayapura Kota, Dinas Kesehatan Kota Jayapura, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Jayapura.

Pada kesempatan tersebut  Kepala Balai Besar POM di  Jayapura, Mojaza Sirait menyampaikan bahwa kesadaran dan pemahaman pelaku usaha dalam menjual produk – produk pangan yang aman, bermutu  dan bermanfaat semakin baik. Walau baru dua titik  yang disidak, namun setidaknya sudah mewakili pasar besar di kota Jayapura dan petugas yang langsung melakukan pemeriksaan tidak menemukan poduk- produk, terutama pangan yang tidak sesuai dengan ketentuan. Selain kegiatan sidak bersama TPID, BBPOM di Jayapura juga  akan mengintensifkan pengawasan keamanan pangan menjelang Hari Raya untuk memastikan produk Obat dan Makanan yang beredar di masyarakat aman, bermutu dan bermanfaat.

Sebagai penutup Kepala BBPOM di Jayapura menyampaikan himbauan  kepada pelaku usaha agar selalu memastikan produk yang akan dijual masih dalam kondisi baik, tidak rusak, tidak kedaluwarsa dan pastikan sudah terdaftar/memiliki izin edar. Demikian juga konsumen diingatkan, agar menjadi konsumen cerdas selalu ingat CEK CLIK, yaitu cek kemasan, label, izin edar dan kedaluwarsa, sebelum membeli dan mengkomsumsi Obat dan Makanan, sehingga masyarakat dapat menikmati hari Raya Natal dan menyambut tahun baru dalam keadaan baik dan sehat.