Pembukaan RAKORWASDA Tahun 2019 Inspektorat, Bupati dan Walikota Diminta Wujudkan Tata Kelola Pemerintah Yang baik

29/12/2021   Kegiatan Inspektorat Oleh : indah sari

JAYAPURA (PT) – Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE, M.Si meminta Inspektorat, Bupati dan Wali Kota di Papua diminta menjadi satu kesatuan yang utuh dalam melakukan koordinasi dan pengawasan guna mendorong tata kelolah pemerintah yang baik dan bersih.

“Mereka ini harus menjadi satu kesatuan yang kuat sehingga kita bisa mengelolah dengan baik,” kata Wagub Klemen Tinal dalam sambutannya pada pembukaan rapat koordinasi pengawasan daerah Provinsi Papua tahun 2019 di Jayapura, Senin (4/11).

Menurut mantan Bupati Mimika ini, koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan kebijakan pengawasan tahun 2020 secara sinergis oleh APIP Se-Provinsi Papua diharapkan dapat meningkatkan kinerja pengawasan.

“Agar supaya tahun depan kita lebih baik lagi, bagaimana kita sama-sama mengimplementasikan pelaksanaan pengawasan dan koordinasi,” jelasnya.

Namun demikian, Inspektorat harus lebih jeli dalam melakukan pengawasan, sehingga APBD kabupaten/kota yang disahkan benar-benar bermanfaat bagi pembangunan kemasyarakatan, sehingga Papua bisa menjadi contoh  bagi Indonesia.

“Bupati dan Wali Kota yang mempunyai wewenang besar harus dapat melakukan koordinasi dengan provinsi,” jelasnya.

Wagub Klemen Tinal berharap dengan adanya rapat koordinasi pengawasan kali ini tidak hanya bersifat formal, tetapu ada perubahan dan hasil yang dicapai.

“Harus ada satu perubahn dari rapat koordinasi ini, supaya tidak bersifat formal tiap hari atau tiap rapat tidak ada hasil terutama dalam penyusunan anggaran,” imbuhnya. (ing/sri)